Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin Sebut PKB Jaring Calon Kepala Daerah dengan 3 Kriteria

Kompas.com - 05/05/2024, 14:36 WIB
Irfan Kamil,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah membuka dan menjaring calon kepala daerah (cakada) di berbagai zona di Indonesia dengan tiga kriteria untuk dapat diusung.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut, siapapun tokoh yang memiliki tiga kriteria yang diharapkan PKB dipersilakan untuk mendaftar.

“Tentu ada tiga kriteria yang pertama adalah pengalaman, kapasitas, dan kemampuan,” kata Cak Imin saat ditemui usai memberikan pembekalan kepada calon kepala daerah (Bacakada) yang diusung oleh PKB di Four Points Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (5/5/2024).

Kriteria kedua, kata Cak Imin, yaitu memiliki visi dan harapan yang ditawarkan kepada masyarakat yang sama dengan PKB inginkan.

Baca juga: Jelang Pilkada 2024, 8 Nama Daftar Jadi Calon Wali Kota Bogor Melalui PKB

Terakhir, yakni mempunyai elektabilitas atau tingkat keterpilihan. Hal ini dianggap penting untuk memenangkan kompetisi calon kepala daerah.

“Tiga-tiganya ini berjalan beriringan selama empat bulan ke depan, supaya PKB bisa menitipkan agenda-agenda perubahan sama seperti yang kita titipkan kepada presiden terpilih,” kata Cak Imin.

“Sehingga nanti kita harapkan dengan agenda perubahan itu pembangunan itu tidak terancam kolaps, misal ancaman kerusakan lingkunan dan bencana alam,” imbuhnya.

Diketahui, PKB telah menyatakan diri mendukung pemerintahan yang dipimpin presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Cak Imin: Percayalah, PKB kalau Berkuasa Tak Akan Lakukan Kriminalisasi...

Dukungan disampaikan dengan pernyataannya saat Cak Imin bertemu Prabowo di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, Rabu (24/4/2024) siang usai Ketua Umum Partai Gerindra itu ditetapkan sebagai Presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin turut menitipkan delapan agenda perubahan kepada Prabowo Subianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com