Kembali Sehat, Setya Novanto Kunjungi Pengungsi Gunung Agung - Kompas.com

Kembali Sehat, Setya Novanto Kunjungi Pengungsi Gunung Agung

Nabilla Tashandra
Kompas.com - 13/10/2017, 14:51 WIB
Ketua DPR RI Setya Novanto meninjau pos pengungsiang Gunung Agung di Provinsi Bali, Jumat (13/10/2017).Istimewa Ketua DPR RI Setya Novanto meninjau pos pengungsiang Gunung Agung di Provinsi Bali, Jumat (13/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Setya Novanto mengunjungi titik-titik pos pengungsian Gunung Agung di Bali, Jumat (13/10/2017).

Salah satunya adalah di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.

Melalui keterangan tertulisnya, Novanto menyampaikan bahwa kunjungan tersebut untuk meninjau perkembangan situasi dari dampang status Gunung Agung.

"Sepanjangan perjalanan kali ini, saya sepenuhnya merasakan kegelisahan para pengungsi yang saat ini berjumlah ratusan ribu jiwa. Mereka harus meninggalkan kampung halaman, meninggalkan aktivitas keseharian dan kehilangan mata pencaharian," kata Novanto, Jumat.

Novanto turut didampingi Wakil Gubernur Bali yang juga Calon Gubernur Sudikerta, Pimpinan Komisi IV Roem Kono, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Golkar AA Bagus Adi Mahendra, dan Ketua Bulog Provinsi Bali Wahyu Sutanto.

(baca: Fahri: Novanto Masih Punya Kecenderungan Mengantuk yang Tinggi Sekali)

Ketua Umum Partai Golkar itu turut menyerahkan sejumlah bantuan seperti beras, sembako, lima tandon air serta fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

Novanto sebelumnya sempat absen sekitar satu bulan karena dirawat di rumah sakit.

Ia disebut menderita sejumlah penyakit seperti vertigo, penurunan fungsi ginjal, masalah keseimbangan, hingga jantung.

(baca: Kembalinya Setya Novanto sebagai Nahkoda Partai Golkar...)

Berdasar foto-foto yang diterima Kompas.com, Novanto terlihat tengah berbincang dengan warga hingga ikut menyerahkan tandon air.

Di samping itu, ia juga mengapresiasi kesiagapan pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan bantuan bagi masyarakat setempat.

"Saya berharap situasi Gunung Agung secepatnya kembali normal, sehingga ratusan ribu warga di pengungsian bisa kembali ke habitatnya, kembali ke kampung halaman melanjutkan aktivitas demi masa depan yang lebih baik," tulis dia.

(baca: Kata Mahfud, Putusan MK Kuatkan KPK Kembali Tetapkan Tersangka Novanto)

Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana Geologi (PVMBG) terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Agung selama 24 jam.

Kompas TV Setnov mengunjungi pengungsi Gunung Agung di Buleleng, Bali.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisNabilla Tashandra
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM