Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Rohingya, Indonesia Siap Beri Bantuan Kemanusiaan

Kompas.com - 08/12/2016, 06:21 WIB

KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan, Pemerintah Indonesia siap memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Rohingya di Rakhine, bagian utara Myanmar, yang menjadi korban konflik.

"Saya bertemu dengan State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi kemarin malam. Suu Kyi mengatakan akses bantuan kemanusiaan akan dibuka," ujar Retno, di Nusa Dua, Bali, Rabu (7/12/2016) malam.

"Indonesia siap untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Rohingya," kata dia.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia menyampaikan kembali perhatiannya terhadap permasalahan yang terjadi di Rakhine.

(Baca: Ini yang Dibahas Menlu Retno-Aung San Suu Kyi soal Krisis Rohingya)

"Indonesia mengharapkan kiranya kondisi di Rakhine State bisa dikembalikan dengan mepertimbangkan masalah perlindungan dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia untuk semua masyarakat yang ada di Rakhine State, termasuk masyarakat Muslim yang tinggal di sana," ujar dia.

Setelah melakukan pertemuan dengan Suu Kyi, Menteri Retno juga bertemu dengan beberapa organisasi kemanusiaan Indonesia yang sudah siap untuk menyalurkan bantuan.

"Ini adalah kumpulan dari organisasi-organisasi kemanusiaan yang ada di Indonesia, dan juga bantuan dari masyarakat Indonesia. Kami sepakat pendekatan yang akan kami berikan dalam memberikan bantuan adalah pendekatan kemanusiaan," kata dia.

Ia mengatakan, Pemerintah Indonesia baru saja menyelesaikan pembangunan dua sekolah di wilayah Rakhine.

"Kemarin kami bicara dengan teman-teman organisasi kemanusiaan dengan selesainya dua sekolah tersebut maka Indonesia sudah membantu membangun enam sekolah di Rakhine State, dan bantuan-bantuan lain juga saya bahas dengan State Counsellor Myanmar mengenai bantuan apa yang diharapkan dari Indonesia," ujar dia.

Intinya, lanjut dia, Indonesia siap membantu Myanmar dalam mengembalikan situasi normal di Rakhine. Tentunya, bantuan itu termasuk dalam kerja sama atau bantuan kemanusiaan.

(Azis Kurmala/ant)

Kompas TV Kisah Bocah Rohingya Hidup Tanpa Orangtua
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com