Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Iran Jalin Kerja Sama Peningkatan Pemahaman Mazhab Islam

Kompas.com - 01/12/2016, 16:21 WIB
Dani Prabowo

Penulis

Kompas TV Bom Meledak di Masjid Kelompok Syiah

JAKARTA, KOMPAS.com — Konflik Sunni dan Syiah masih kerap terjadi di sejumlah negara di dunia, termasuk di sejumlah daerah di Indonesia.  

Pecahnya konflik dinilai pecah karena imbas belum adanya kesepahaman yang sama di antara penganut ajaran.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat bertemu Penasihat Utama Pimpinan Spiritual Iran, Mohsen Araki, di Kantor Wapres, Kamis (1/12/2016).

Dalam pertemuan itu, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Iran sepakat untuk bekerja sama meningkatkan pemahaman dua aliran tersebut guna menghindari konflik pada masa depan.

"Pak Wapres setuju betul bahwa perlu meningkatkan kesepahaman antar-mazhab itu supaya tidak terjadi konflik yang panjang antara Sunni, Syiah, dan sebagainya, tetapi tidak disebut secara spesifik," kata Deputi bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Seswapres, Dewi Fortuna Anwar, di Kantor Wapres.

Hal yang sama juga diperlukan dalam meningkatkan pemahaman antar-pemeluk agama berbeda.

Wapres berpandangan, konflik di dunia ini terjadi akibat meningkatnya rasa kebencian antara satu sama lain, di samping persoalan rasial yang juga semakin meningkat.

"Jadi, masyarakat Islam sendiri itu harus berusaha, bekerja keras, agar Islam itu betul-betul menjadi Islam yang rahmatan lil alamin. Betul-betul yang membawa kedamaian dunia, yang menjadi syiar-lah, bukan menjadi masalah," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com