Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P: Ada Garansi Koalisi Merah Putih Menang Pilkada Lewat DPRD?

Kompas.com - 13/09/2014, 14:23 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Politisi PDI Perjuangan Rahadi Zakaria meragukan partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih akan menang dalam pemilihan kepala daerah jika dipilih oleh DPRD. Oleh karena itu, dia mengaku heran kenapa Koalisi Merah Putih ngotot mengubah format pilkada agar tidak lagi dipilih langsung oleh rakyat.

"Apa ada garansi Koalisi Merah Putih bakal menang di daerah lewat pilkada DPRD?" kata Rahadi dalam diskusi "Pilkada Untuk Siapa?" di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/9/2014).

Menurut dia, komitmen Koalisi Merah Putih di daerah belum teruji sehingga bisa saja partai-partai yang ada di dalamnya tidak kompak saat pilkada dilangsungkan. Dia mencontohkan Partai Persatuan Pembangunan yang saat ini tengah menghadapi konflik internal.

Menurut dia, sebagian besar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP ingin bergabung dalam koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Apa PPP akan tetap di Koalisi Merah Putih? Tidak seperti itu. Tetap ada kepentingan yang bisa memecah. Bukan persoalan, namanya politik saling memanfaatkan," ujar Rahadi.

Hal serupa disampaikan pengamat politik Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad. Menurut dia, Koalisi Merah Putih memang menguasai hampir setiap daerah di seluruh Indonesia. Namun, kekompakan bukanlah sebuah jaminan.

"Pasti ada dialektika, lobi, dan diskusi dalam proses pilkada nanti," ujarnya.

RUU Pilkada saat ini tengah dibahas Panitia Kerja DPR. Mekanisme pemilihan kepala daerah menjadi salah satu isu yang mendapat sorotan. Sebelum Pilpres 2014, tak ada parpol yang ingin jika kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Namun, kini semua parpol Koalisi Merah Putih, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional, ditambah Partai Demokrat, malah mendorong agar kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Para bupati dan wali kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menolak tegas pilkada oleh DPRD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com