Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetap Akan Umumkan Pemenang Pilpres Selasa Besok

Kompas.com - 21/07/2014, 12:46 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak gentar oleh ancaman pihak pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang akan melaporkan KPU ke Polri jika terus melanjutkan proses rekapitulasi suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menyatakan, pihaknya tetap akan melaksanakan tugas dan wewenangnya secara berjenjang.

"Tidak apa-apa (diancam pidana) karena kita masing-masing punya tugas, wewenang, dan hak. Jadi, ya tugas kami menjalankan kegiatan rekapitulasi dan itu jadwalnya tanggal 22 Juli selesai," ujar Hadar di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).

Ia mengatakan, hingga saat ini, pihaknya tetap menjadwalkan pengumuman pemenang pilpres pada Selasa (22/7/2014).

Sebelumnya, Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengatakan, tidak ada alasan bagi peserta Pilpres 2014 untuk melaporkan KPU ke Polri atas proses rekapitulasi suara yang telah dijalankan. Sebab, pada setiap proses rekapitulasi di setiap tingkatan, KPU menyatakan telah mengakomodasi semua keberatan dari pihak peserta pemilu.

Tim Hukum Prabowo-Hatta mengancam akan memidanakan KPU jika rekapitulasi nasional tetap dilanjutkan pada Senin pagi ini. Alasannya, ada kecurangan di berbagai daerah yang harus diselesaikan.

Lantaran proses rekapitulasi tetap dilanjutkan hari ini, kubu Prabowo-Hatta berencana melaporkan KPU ke Polri dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (baca: Sore Ini, Tim Hukum Prabowo-Hatta Laporkan KPU ke Mabes Polri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com