Sabtu, 19 April 2014

News / Nasional

Pekan Ini, PDI Perjuangan Umumkan Pengganti Taufiq Kiemas

Selasa, 2 Juli 2013 | 14:41 WIB
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Petugas mengangkut foto diri almarhum Taufiq Kiemas dari rumah duka Jl Teuku Umar No 27, Jakarta Pusat, untuk dibawa ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Sabtu (8/6/2013). Ketua MPR RI Taufiq Kiemas yang juga suami Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri hari ini meninggal karena sakit di Singapura setelah melewati serangkaian perawatan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan mengumumkan pengganti almarhum Taufiq Kiemas untuk menjadi Ketua Majelis Pemusyawatan Rakyat (MPR) pada 5 Juli 2013. Nama-nama pengganti Taufiq akan diserahkan ke MPR RI sebelum tanggal tersebut.

"Yang kami tahu, Ibu Mega sudah melakukan pertemuan dan konsultasi dengan Pmpinan MPR. MPR menyatakan tanggal 5 Juli pelantikan. Sebelum tanggal 5, Ibu Mega ketemu lagi dengan pimpinan MPR untuk menyerahkan nama," ujar Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo, di Wisma Serbaguna, Senayan, Selasa (2/7/2013).

Tjahjo enggan mengungkapkan nama-nama yang akan diserahkan Megawati.

Ketua Fraksi PDI-P Puan Maharani mengaku belum mengetahui nama-nama pengganti Taufiq. Puan menegaskan, nama pengganti Taufiq merupakan kewenangan penuh Megawati.

KOMPAS/SRI REJEKI Ketua tim pemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko, Puan Maharani.
"Ada beberapa nama, saya enggak tahu juga siapa karena belum dibicarakan Ibu Ketum," terang Puan.

Sebelumnya, Pimpinan MPR sudah menggelar rapat konsultasi dengan seluruh fraksi untuk menentukan mekanisme penggantian ketua MPR. Rapat itu akhirnya menyepakati selama posisi ketua MPR tidak ada, tidak akan ada pejabat sementara. Seluruh urusan MPR nantinya akan dijalani secara bersama-sama oleh empat wakil yang saat ini ada. Keempat wakil itu ialah Hajriyanto Y Thohari (F-Partai Golkar), Lukman Hakim Syaifuddin (F-PPP), Melanie Leimena Suharli (F-Partai Demokrat), dan Farhan Hamid (dari unsur DPD).

Pengganti Taufiq akan meneruskan sisa jabatan almarhum sebagai Ketua MPR hingga tahun 2014.

Calon pengganti Taufiq

Sejumlah nama muncul ke publik sebagai kandidat pengganti Taufiq Kiemas. Beberapa di antaranya ialah Wakil Ketua DPR Pramono Anung, anggota Komisi I Sidarto Danusubroto, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani, dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo.

Dalam berbagai kesempatan, Pramono menyatakan tak tertarik mengisi kursi Ketua MPR. Ia mengaku masih fokus menjalani tugasnya sebagai Wakil Ketua DPR.

Kandidat kuat lainnya ialah Sidarto Danusubroto. Sidarto merupakan Ketua DPP Bidang Kehormatan di PDI Perjuangan. Sidarto juga merupakan tokoh senior di partai berwarna merah ini. Namun, setiap kali ditanya tentang kemungkinannya menggantikan Taufiq, Sidarto selalu mengelak dan tak mau membahas hal ini.

Seperti diketahui, Taufiq Kiemas meninggal dunia pada 8 Juni lalu di Singapura. Taufiq meninggal karena penyakit komplikasi yang selama ini dideritanya. Semasa hidupnya, almarhum merupakan politisi senior PDI Perjuangan. Ia juga merupakan Ketua MPR periode 2009-2014.

Penulis: Dian Maharani
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary