Jumat, 31 Oktober 2014

News / Nasional

Caleg Nasdem dari Pebulutangkis, Pemain Bola, sampai Artis

Minggu, 21 April 2013 | 00:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Nasdem merekrut sejumlah tokoh masyarakat dengan latar belakang artis hingga atlit untuk maju sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilu 2014 mendatang. Beberapa yang sudah menyatakan kesertaannya yakni pebulutangkis Ricky Subagja, mantan Pelatih Sepakbola Timnas Indonesia Nil Maizar, dan lima artis lainnya. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Rio Patrice Capella dalam pesan singkat yang diterima Sabtu (20/4/2013).

"Caleg yang diajukan Nasdem yakni Ricky Subagja dan Nil dari dunia olahraga. Sementara dari kalangan artis, yakni Jane Shalimar, Mel Sandy, Melly Manuhutu, Doni Damara, dan Sawarna (grup vokal Warna)," ujar Patrice.

Ricky akan menjadi caleg dari daerah pemilihan di Bandung dengan nomor urut 1, sementara Nil akan maju dari daerah pemilihan di Sumatera Barat. Sementara dari kalangan artis, pemain film Donny Damara akan maju dari daerah pemilihan Sumedang, sedangkan Melly Menuhutu akan maju dari daerah pemilihan Cianjur.

Patrice mengatakan kini partainya sudah merampungkan daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) yang berisi 560 orang bakal caleg. Sebanyak 39 persen di antaranya merupakan bakal caleg perempuan.

"Rencananya, kami akan menyerahkan DCS pada Senin (hari terakhir) pukul 10. Bersama Ketua Umum dan juga saya sendiri," kata Patrice.

Sebelumnya, Partai Nasdem yang merupakan partai yang baru pertama kali mengikuti pemilu ini mendapat limpahan politisi-politisi senior seperti Effendi Choirie (Gus Choi) yang dipecat oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Akbar Faizal yang mundur dari Partai Hanura. Keduanya pun akan tetap diajukan sebagai bakal caleg dalam bursa pemilihan legislatif.

Komisi Pemilihan Umum memberikan tenggat waktu kepada partai politik hingga tanggal 22 April 2013 mendatang untuk menyerahkan DCS. Hingga kini, baru Partai Keadilan Sejahtera yang menyerahkan DCS. Enam partai politik lain rencananya baru akan menyerahkan DCS pada Minggu (21/4/2013). Keenamnya yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Gerindra.

Sementara partai politik yang menyerahkan di hari terakhir yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, dan Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo