Rabu, 1 Oktober 2014

News / Nasional

Anggaran

DPR Pangkas Perjalanan Dinas Kementerian dan Lembaga

Senin, 24 September 2012 | 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pimpinan DPR dan pimpinan Badan Anggaran (Banggar) sepakat memangkas anggaran perjalanan dinas untuk kementerian/lembaga sebesar 30-40 persen dari yang diusulkan tahun 2013 atau sekitar Rp 21 triliun. Anggaran itu akan dialihkan untuk pembangunan infrastruktur dan program prorakyat lainnya.

"Kami usahakan pengurangan 40 persen, tetapi sedikit-dikitnya 30 persen. Akan ada penghematan antara Rp 6 triliun dan Rp 8 triliun," kata Ketua DPR Marzuki Alie, seusai rapat antara pimpinan DPR dan Banggar di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin ( 24/9/2012 ).

Rapat dihadiri pimpinan DPR lainnya, yakni Priyo Budi Santoso, Anis Matta, Taufik Kurniawan, dan Pramono Anung. Adapun, Pimpinan Banggar yang hadir adalah Ketua Banggar Ahmadi Noor Supit dan Tamsil Linrung.

Marzuki menjelaskan, selain memotong perjalanan dinas, pimpinan DPR dan Banggar juga sepakat menurunkan alokasi anggaran untuk belanja barang kementerian/lembaga. Targetnya, kata dia, minimal 20 persen belanja barang juga bisa dialihkan ke pembangunan infrastuktur atau program prorakyat.

Kesepakatan lain, yakni cost recovery tahun 2013 ditetapkan sebesar Rp 15,5 miliar dollar AS dan rasio pajak dinaikkan dari 12,75 persen menjadi 12,87 persen.

"Mudah-mudahan usaha kita untuk meningkatkan penerimaan negara dan menekan biaya yang sangat tidak penting bisa untuk kepentingan rakyat dan pembangunan infrastruktur demi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan pengurangan kemiskinan," tutur Marzuki.

Ahmadi menambahkan, pihaknya akan berupaya menjelaskan kepada pihak pemerintah mengenai kesepakatan ini. Alasan utama dibuatnya kesepakatan ini, kata dia, untuk memenuhi desakan masyarakat yang menilai anggaran kementerian/lembaga banyak yang dihambur-hamburkan untuk kegiatan yang tidak efektif.

"Saya optimistis ini bisa direalisasikan," ucap dia.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary