Minggu, 21 September 2014

News / Nasional

Perlukah Bayar Zakat Emas dari Gaji yang Dipotong Zakat?

Minggu, 29 Juli 2012 | 10:16 WIB

Terkait

Pertanyaan:

Assalammu'alaikum wr.wb.

Saya ingin bertanya tentang zakat maal. Pak, Setiap mendapatkan penghasilan, saya dan suami selalu menyisihkan untuk zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilan bruto, dan zakat profesi sebesar 2,5 persen dari penghasilan bersih. Dengan demikian, uang yang kami gunakan sudah dikurangi zakat.

Yang ingin saya tanyakan, apakah saya perlu mengeluarkan zakat lagi seandainya saya membeli emas (batangan bukan perhiasan) dengan uang penghasilan yang sudah saya potong zakat 2,5 persen sampai batas nishab emas simpanan? Terima kasih. Saya tunggu jawabannya.

Wassalam.

Tri Ari di Sidoarjo

Jawaban:

Waalaikumsalam wr wb.

Alhamdulillah Ibu Tri Ari dan suami sudah membayar zakat setiap bulan. Semoga amal ibadah ibu dan keluarga diterima Allah SWT dan menjadi pengetuk pintu surga.
Mengenai emas yang menjadi simpanan Ibu Tri, bila sudah mencapai nisab 85 gram dan sudah haulnya 1 tahun, maka Ibu wajib untuk mengeluarkan zakatnya sebanyak 2,5 persen dari nilai emas tersebut.

Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat.

DR. H. Setiawan Budi Utomo

Anda dapat berkonsultasi seputar Ramadhan kepada DR. H. Setiawan Budi Utomo di sini. Anda juga dapat membaca pertanyaan dan jawaban yang telah ditayangkan di liputan khusus Ramadhan 2012.

 


Editor : Hindra