Rabu, 30 Juli 2014

News / Nasional

Cawapres Golkar di Tangan Ical

Sabtu, 30 Juni 2012 | 17:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Golkar menyerahkan penentuan calon wakil presiden kepada Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical sebagai calon presiden untuk menghadapi Pilpres 2014. Hal itu menjadi keputusan Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar ke III.

"Sepenuhnya menyerahkan ke Aburizal penentuan calon wakil presiden," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham di sela-sela Rapimnas di Bogor, Sabtu (30/6/2012).

Idrus mengatakan, penetapan cawapres menunggu momentum yang tepat. Ketika ditanya apakah penetapan itu sebelum pemilu legislatif atau sesudah, menurut Idrus, masih perlu dibicarakan lagi. "Dalam politik momentum itu penting," kata dia.

Sebelumnya, Ical enggan banyak menjelaskan kriteria cawapres. Dia hanya menyebut cawapres nantinya harus mampu mendampingi capres.

Ical juga tak mau berkomentar ketika ditanya sebaiknya dari daerah mana cawapres nantinya. "Pokoknya harus bangsa Indonesia," kata dia singkat.

Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X telah dicalonkan dari internal sebagai pendamping Ical. Ketua DPD I DI Yogyakarta Partai Golkar Gandung Pardiman menyebut, Sultan didukung oleh daerah Yogyakarta, Lampung, Bengkulu, Papua, Kalimantan Timur, dan lainnya.

Selain Sultan, Putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yakni Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas juga disebut masuk dalam pertimbangan Ical. Tokoh lain yakni Pramono Edhi Wibowo, Mahfud MD, dan Khofifah Indar Parawansa.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto