Sabtu, 20 September 2014

News / Nasional

Menteri Baru

Plt Menkes Berterima Kasih kepada Presiden

Rabu, 13 Juni 2012 | 14:54 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti berterima kasih kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas dipilihnya Nafsiah Mboi sebagai Menteri Kesehatan yang baru, Rabu (13/6/2012).

Hal itu diungkapkan Ghufron seusai acara penerimaan World No Tobacco Day Award bagi almarhum mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Terima kasih kepada Presiden dengan hak prerogatifnya telah memilihkan seorang perempuan yang mempunyai pengalaman cukup bagus, usia sangat matang, untuk membawa Kementerian Kesehatan ke arah lebih baik," ujarnya.

Dia menilai Nafsiah Mboi sudah mempunyai banyak pengalaman internasional dan terkenal sepak terjangnya, baik di bidang hak asasi manusia maupun penanggulangan HIV/AIDS.

Sebelum terpilih sebagai Menteri Kesehatan, Nafsiah menjabat sebagai Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS. "Saya sering kerja sama dan sudah kenal lama dengan beliau. Terakhir, saya membantu beliau untuk pertemuan task force HIV/AIDS ASEAN di Bandung. Kementerian Kesehatan mendapatkan satu tambahan tenaga yang fresh dan bagus," ujarnya.

Mengenai prioritas kerja Menteri Kesehatan yang baru, Ghufron mengatakan, sebagai sebuah institusi, Kementerian Kesehatan telah mempunyai program. Namun, sebagai menteri baru, Nafsiah bisa saja mempunyai prioritas tambahan.

"Kita akan dukung agar sesegera mungkin program pemerintah bisa dicapai," ujar Ghufron yang tengah memberikan pidato tentang penghargaan bagi almarhum Endang Rahayu saat Nafsiah diumumkan sebagai Menteri Kesehatan yang baru.


Penulis: Indira Permanasari S
Editor : Marcus Suprihadi