Rabu, 17 September 2014

News / Nasional

Menpora Tak Tahu Sertifikat Hambalang Diurus Anas

Kamis, 7 Juni 2012 | 14:54 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengaku tak tahu jika ada pihak luar Kemenpora ikut mengurus sertifikat lahan pusat pelatihan olahraga Hambalang, Jawa Barat. Andi mengaku bahwa sertifikat itu hanya diurus oleh jajarannya.

"Jadi sertifikat sudah diurus sejak awal 2004 . Bagi kami di Kemenpora, pengurusan itu dilakukan oleh pejabat Kementerian. Kalau orang-orang di luar kementerian yang terlibat, kami tidak ketahui," kata Andi seusai rapat dengan Komisi X di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/6/2012).

Seperti diberitakan, politisi Partai Demokrat Ignatius Mulyono mengaku bahwa Anas Urbaningrum pernah memintanya menanyakan penyelesaian sertifikat Hambalang kepada Ketua Badan Pertanahan Nasional, Joyo Winoto. Saat itu, Anas menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat.

Selanjutnya, Ignatius mencoba menghubungi Joyo, namun tidak pernah bisa. Dia lalu menghubungi Sekretaris Utama BPN. Ignatius lalu mendapat jawaban bahwa penyelesaian surat tanah Hambalang masih dalam proses. Tiga minggu kemudian, dia diberi kabar bahwa sertifikat telah selesai dan dapat diambil. Sertifikat itu lalu diserahkan ke Anas.

Dalam rapat di Komisi X, Andi mengklaim proyek senilai Rp 1,2 triliun itu telah mengikuti semua prosedur mulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaan. Dia meminta agar semua pihak menunggu hasil investigasi Badan Pemeriksa Keuangan dan penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait proyek itu.

"Kalau ada penyimpangan, siapapun harus bertanggungjawab," kata Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto