Jumat, 28 November 2014

News / Nasional

PM Selandia Baru Kunjungan Resmi ke Indonesia

Minggu, 15 April 2012 | 20:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, akan menggelar kunjungan kenegaraan ke Indonesia, 15-18 April 2012, memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Key akan didampingi Menteri Perdagangan Selandia Baru dan delegasi berjumlah 40 orang, termasuk di antara mereka sejumlah pebisnis terkemuka negeri itu.

Direncanakan, pertemuan bilateral antar kepala negara akan digelar 17 April 2012 diawali dengan pertemuan empat mata. Agenda utama pembicaraan terkait penguatan kerjasama bilateral, terutama di sektor energi, peternakan, dan pendidikan.

Mereka juga akan membahas sejumlah isu kawasan dan global. Keduanya juga dijadwalkan menandatangani beberapa MoU seperti terkait pertanian dan lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, dalam siaran persnya, Minggu (15/4/2012).

Dalam rangkaian kunjungannya itu Key juga dijadwalkan menghadiri beberapa acara, seperti makan pagi bisnis dengan para pemimpin utama (CEO) perusahaan-perusahaan di Indonesia, pertemuan dengan Sekjen ASEAN, dan juga berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Kedatangan PM Selandia Baru memiliki arti penting meningkatkan kerjasama bilateral di berbagai forum internasional, yang sejatinya akan berkontribusi positif bagi terciptanya kawasan Asia-Pasifik yang lebih damai, stabil, dan sejahtera," ujar Faizasyah.


Penulis: Wisnu Dewabrata
Editor : Agus Mulyadi