Jumat, 25 Juli 2014

News / Nasional

Jelang HUT OPM, Polri Tambah Pasukan di Papua

Kamis, 24 November 2011 | 23:50 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution menyatakan, Polri akan memperketat pengamanan menjelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka yang jatuh pada 1 Desember 2011 nanti. Salah satunya dengan mengirimkan pasukan ke Bumi Cenderawasih tersebut.

"Nanti Mabes akan kirim kekuatan. Jelas dalam rangka 1 Desember kita akan mem-back up dan juga akan dikirim untuk memperkuat di sana," ujar Saud di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Menurut Saud, selama ini pihaknya selalu meningkatkan pengamanan di Papua menjelang peringatan HUT OPM tersebut. Setiap pengamanan di wilayah Papua akan melakukan evaluasi terhadap pasukan keamanannya yang dipimpin kepala satuan wilayah (kasatwil).

"Itu diatur oleh masing-masing kasatwil, kapolres, dan kapolda. Kalau merasa kekurangan bisa minta bantuan kepada Mabes Polri dan kita akan segera mengirimnya," lanjut Saud.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kekacauan seperti yang terjadi pada Kongres Rakyat Papua III di Abepura, Jayapura, di mana terjadi perlawanan anggota Kongres terhadap polisi yang membubarkan acara tersebut.

Mereka saat itu dituduh melakukan tindakan makar karena membuat negara di dalam negara. Namun, para tokoh dalam acara itu menyatakan bahwa mereka bukan ingin merusak NKRI, melainkan menginginkan hak-hak mereka sebagai bagian dari Indonesia.


Penulis: Maria Natalia
Editor : Kistyarini