Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotoran Kuda untuk Kertas

Kompas.com - 12/08/2011, 02:55 WIB

ADI SUCIPTO K

Bagi sebagian orang, kotoran kuda menjijikkan. Selain itu, ada kekhawatiran kotoran kuda bisa menimbulkan tetanus apabila kena luka. Ternyata, kotoran kuda bisa dibuat menjadi kertas. Tiga siswa SMA membuktikan hal itu.

Adalah Dafina Balqis, Diah Ayu Vivit Nurfaidah, dan Muhammad Teguh Kurniawan, tiga siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat, Lamongan, Jawa Timur, berniat membuat kertas daur ulang dalam kegiatan Muhiba Enterpreneur Club, semacam kegiatan ekstrakurikuler untuk wiraswasta.

”Semula kami ingin membuat kertas daur ulang dari eceng gondok. Namun, kok sudah dikembangkan,” kata Dafina.

Setelah berselancar di internet, mereka menemukan, di Amerika orang membuat kertas dari kotoran bison. Di Thailand dikembangkan kertas dari kotoran gajah. Kotoran gajah dan bison bisa dijadikan kertas karena banyak mengandung serat.

Kotoran

Ketiga siswa kemudian beride membuat kertas serupa. Mereka membandingkan kotoran kuda dan kotoran sapi. Ternyata, kandungan serat kotoran kuda 22,89 persen, sedangkan kandungan serat kotoran sapi hanya 18 persen.

”Karena itu, kami membuat kertas dari kotoran kuda. Setelah tiga kali percobaan, akhirnya berhasil meskipun perlu terus disempurnakan,” Teguh menuturkan.

Setiap 200 gram kotoran kuda menghasilkan lima lembar kertas setebal 1 milimeter ukuran folio.

”Kami ingin meriset ulang sampai ukuran kertas tipis dan lebih halus. Rencananya akan kami padukan dengan serat pelepah pisang,” kata Diah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com