Jumat, 18 April 2014

News / Nasional

Inilah Sosok Gubernur Baru Lemhanas

Kamis, 17 Februari 2011 | 08:45 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (17/2/2011) siang ini di Istana Negara, Jakarta, melantik Prof Budi Soesilo Supandji sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) yang baru menggantikan Muladi yang sebelumnya menjabat sejak tahun 2005.

Budi Soesilo Supandji, yang tercatat masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan dan mantan Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia serta mantan Direktur Kopertis untuk Wilayah Jakarta, adalah adik mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji. Salah satu adik kandung Hendarman Supandji lainnya, yakni Mayjen TNI Hendardji Supandji pernah menjabat sebagai Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI.

Dari hasil penelusuran Kompas ke berbagai sumber, termasuk sumber di Istana, Kamis (17/2/2011) pagi ini, Budi Soesilo Supandji merupakan putera kelima pasangan dokter penyakit dalam Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, yaitu Dr Supandji dengan Roesmiati.

Keluarga Dr Supandji dikenal dekat dengan ayah mertua Presiden Yudhoyono, yakni Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhi Wibowo, yang pernah menjadi Gubernur Akademi Militer (Akmil) Magelang -- khususnya saat Presiden Yudhoyono masih menjadi taruna di Akmil Magelang--- memiliki lima putera dan seorang putri.

Putera pertama Supandji adalah Hendarto Supandji, pensiunan dokter dan dosen Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. Anak keduanya, Hendarman Supandji. Putri ketiganya adalah Hendarti Pramono Supandji, psikolog dan dosen sebauh perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Adapun putera keempatnya adalah Mayjen TNI Hendardji Supandji, yang kini menjabat sebagai Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sedangkan putera bungsu Supandji adalah Bambang Tri Sasongko, seorang pengusaha.


Editor : Heru Margianto