Jumat, 25 April 2014

News / Nasional

Hakikat Demokrasi adalah Rekrutmen Pengelola Negara

Rabu, 15 April 2009 | 19:31 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com- Hakekat demokrasi terletak pada proses rekruitmen penyelenggara negara, dan bukan pada hasilnya. Itu sebabnya, proses demokrasi juga harus baik, adil, dan tidak menyisakan banyak persoalan seperti daftar pemilih tetap yang terjadi di banyak daerah pemilhan.

"Karena kudeta juga bisa melahirkan presiden, pemilu juga bisa melahirkan presiden. Tapi kan prosesnya berbeda. Di zaman Orba ada pemilu, melahirkan legislatif. Tapi kita tahu itu tidak demokratis, karena prosesnya tidak jujur, tidak transparan," ujar juru bicara Komite Advokasi Suara Rakyat (KASR) Adhie M Massardi di Jakarta, Rabu (15/4) malam, menanggapi masalah DPT yang diacuhkan saja oleh KPU dan pemerintah.

Problem DPT telah membuat belasan juta hak sipil dan politik warga negara dilanggar oleh KPU. Karena mereka tida k bisa ikut menentukan pilihan politiknya.  

"Untuk menggugatnya, harus melalui jalur hukum. Tapi ini tidak mudah, dan memakan waktu. Namun kalau kondisi ini dibiarkan saja, maka akan sangat berbahaya bagi demokrasi itu sendiri," ujarnya.


Editor :