Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Akan Terus Buka Posko Vaksin sampai Masyarakat Tenang

Kompas.com - 26/07/2016, 11:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta, masyarakat tetap tenang menghadapi kasus vaksin palsu. Pemerintah akan terus melakukan vaksin ulang anak-anak yang sebelumnya diduga mendapat vaksin palsu.

"Kita buka terus sampai merasa tenang dan tertolong," kata Nila di Kantor Kementerian Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Selasa (26/7/2016).

Sejauh ini, kata Nilla, sudah 536 anak yang telah divaksinasi ulang. Ia memastikan, vaksinasi tersebut aman, sebab menggunakan takaran dosis yang telah ditentukan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

"Ini akan terus menerus (dilakukan). Jadi yang divaksinasi mereka yang setelah diperiksa dan dinyatakan mereka tidak (imun)," kata dia.

Sementara itu, terkait dugaan pelanggaran pidana di dalam kasus vaksin palsu, Menkes menyerahkan sepenuhnya kepada Bareskrim Polri. Ia meminta, agar Polri tak hanya mengusut kasus vaksin palsu saja.

"Mungkin bukan hanya vaksin, juga obat. Biar mereka lakukan penyelidikan," kata dia.

Kompas TV Kemenkes Bentuk 50 Posko Vaksin Palsu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com