Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabat Kepala BNPB, Willem Janji Selesaikan Kebakaran Hutan secara Permanen

Kompas.com - 07/09/2015, 18:28 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengungkapkan keyakinannya bahwa kebakaran hutan dan lahan dapat diatasi secara permanen. Meski demikian, ia mengaku memerlukan waktu untuk melakukan pemetaan dan koordinasi dengan pihak terkait.

"Saya yakin bisa. Kalau tanya (tercapai dalam) berapa tahun, ada beberapa parameter," kata Willem, di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Willem mengungkapkan, berdasarkan informasi yang ia himpun, penyebab utama kebakaran hutan adalah karena sengaja dibakar oleh oknum tertentu untuk keperluan pembukaan lahan. Ia merencanakan melakukan tindakan pencegahan dengan sosialisasi dan cepat tanggap pada aktivitas pembakaran hutan.

"Berikan pemahaman pada masyarakat tentang bahaya dari kebakaran itu sendiri, libatkan masyarakat untuk mencegah kebakaran ini," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Staf Presiden Teten Masduki menyampaikan bahwa kasus kebakaran hutan mendapat perhatian serius dari Presiden Joko Widodo. Karena itu, Jokowi meminta dicarikan solusi permanen agar kasus serupa tidak terus berulang di setiap tahunnya.

"Ini kebakaran hutan terus terjadi, berulang setiap tahun, masalahnya pasti sudah diketahui, solusinya sudah diketahui. Ini praktek manajemen pemerintahan yang tidak benar," ungkap Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com