Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas: Sudah Sembilan Jenazah AirAsia QZ8501 yang Ditemukan

Kompas.com - 01/01/2015, 18:45 WIB
Robertus Belarminus

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan SAR Nasional FHB Soelistyo memastikan jumlah korban yang sudah ditemukan berjumlah 9 orang. Soelistyo menyebut masih ada 1 jenazah yang tertahan di kapal karena cuaca buruk.

"Total jenazah sampai detk ini, semuanya ada 9. Itu posisinya 6 sudah terkirim di Surabaya, 2 masih di Pangkalan Bun, dan rencana malam ini akan kita dorong ke Surabaya, 1 jenazah ada di KRI Yos Sudarso," kata Soelistyo dalam konferensi pers di Kantor Basarnas, Kamis (1/1/2015).

Diterangkan Soelistyo, tim kesulitan melakukan evakuasi lantaran cuaca buruk belum juga berakhir. Ia pun memberikan data dari BMKG yang memperlihatkan tinggi gelombang di Laut Jawa, tempat fokus pencarian, mencapai 4 meter.

"Kesulitan hari ini, kondisi cuaca yang kurang bersahabat, gelombang tinggi 3 hingga 4 meter, satu minggu ke depan, masih akan berhadapan dengan cuaca ini setidaknya sampai 4 Januari," papar jendral bintang tiga ini.

Lebih jauh, terkait dengan jenazah yang masih berada di KRI Yos Sudarso, Soelistyo memberikan alasannya. Ia menyebut jenazah itu belum dapat dikirim ke Pangkalan Bun lantaran helikopter untuk membawanya dihadang oleh cuaca buruk dan angin kencang.

"Karena heli tidak bisa mendarat, mereka harus segera pergi karena cuaca menghadang. Malam ini, dengan sangat menyesal saya tidak bisa bawa yang satu lagi," ucap Soelistyo.

Ia mengatakan, masih ada kemungkinan kabar baru mengenai jumlah jenazah yang ditemukan sampai malam nanti. Namun, ia belum mau memastikan sampai komandan-komandan di lapangan melihat langsung temuan tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com