Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Semua Lubang Sudah Diperiksa

Kompas.com - 23/05/2014, 17:40 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, akhirnya menyelesaikan tahapan tes kesehatan selama 10 jam di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (23/5/2014) sore. Prabowo menilai bahwa para dokter yang dipilih Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut profesional.

"Ada 14 jenis tes tadi dilakukan selama 10 jam, dipotong shalat Jumat dan makan siang. Profesor-profesor banyak yang hadir, tetapi hanya dua pasien yang ada. Jadi, tadi, semua lubang sudah diperiksa, ha-ha-ha... Semua lubang," ujar Prabowo dalam jumpa pers di RSPAD Gatot Subroto, Jumat sore.

Prabowo dan Hatta selesai menjalani tes jasmani hingga psikotes sekitar pukul 16.40 WIB. Mereka turut didampingi sejumlah elite partai pendukung, seperti Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Dradjad Wibowo, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Abdul Harris Bobihoe, dan Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy.

Tak hanya fisik, Prabowo juga mengaku sudah dites kondisi kejiwaan dan rohani. Dari proses pemeriksaan itu, mantan Panglima Komando Strategi Angkatan Darat itu memuji profesionalitas para dokter, mutu pelayanan, hingga kebersihan di RSPAD Gatot Subroto.

"Kita punya profesor tidak kalah dengan yang terbaik di dunia. Saya sudah periksa di mana-mana, Jerman, Amerika Serikat pernah, tapi profesor kita tidak kalah unggul. Kami bangga dan berterima kasih telah diberikan pelayanan yang begitu baik," papar Prabowo yang disambut tepuk tangan dokter-dokter penguji Prabowo-Hatta.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan yang harus dijalani pasangan bakal capres dan cawapres meliputi sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikis, serta pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh, seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru- paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Adapun pemeriksaan penunjang terdiri atas tes ultrasonografi abdomen, kardio, treadmill test, rontgen, tes dengan spirometer, audiometer, MRI, hingga CT scan. Sementara itu, pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari ada atau tidaknya indikasi tumor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com