Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSAD Agus Anugerahkan Bintang Kartika Eka Paksi Utama ke Kepala Staf AD Australia

Kompas.com - 30/10/2023, 22:44 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menganugerahkan penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi Utama kepada Chief Of The Australian Army atau Kepala Staf AD Australia Lieutenant General Simon Andrew Stuart.

Penganugerahan itu disematkan Agus kepada Simon Andrew Stuart dalam sebuah upacara militer di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023).

Dasar penganugerahan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor:54/TK Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama.

Untuk diketahui, Bintang Eka Paksi Utama adalah penghargaan yang diberikan kepada anggota TNI Angkatan Darat yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa-jasanya yang luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Baca juga: Pesan Panglima TNI ke KSAD Agus: Siapkan Alutsista dan Personel jika Dibutuhkan untuk Pemilu

Kunjungan Simon Andrew Stuart kali ini merupakan kunjungan kehormatan keduanya ke Mabesad sejak menjabat sebagai Kepala Staf AD Australia per 2 Juli 2022.

“Kunjungan ini juga menjadi langkah penting dalam upaya memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia dalam bidang pertahanan,” tulis keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad), Senin.

Kemudian, Agus dan Simon Andrew Stuart dikatakan berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan regional.

“Kerja sama militer antara kedua angkatan darat juga diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi kedua negara, serta makin memperdalam persahabatan yang telah terjalin selama bertahun-tahun,” tulis siaran pers Dispenad.

Usai upacara penganugerahan tanda kehormatan negara, dilakukan pertukaran cinderamata dari Agus dan Simon Andrew Stuart.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Agus Subiyanto belum lama dingkat menjadi KSAD.

Ia resmi dilantik menjadi KSAD oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Baca juga: Jika KSAD Agus Subiyanto Panglima TNI, Tugas Terberatnya Netralitas di Pemilu 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com