Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Minta Maaf jika Lalu Lintas Macet Saat Ganjar-Mahfud Mendaftar ke KPU Besok

Kompas.com - 18/10/2023, 15:11 WIB
Ardito Ramadhan,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memohon maaf kepada masyarakat apabila akan terjadi kemacetan saat pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023) besok.

"Kami sebelumnya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apabila besok terjadi kemacetan," kata Hasto di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Menurut rencana, Ganjar-Mahfud beserta para elite partai politik pengusung, relawan, dan masyarakat akan berkumpul di Monumen Proklamasi sebelum berangkat mendaftar ke KPU.

Baca juga: Puan: Tanya ke Pak Jokowi, Pendukung Pak Ganjar atau Punya Pilihan Lain?

Hasto menyatakan, pihaknya akan berupaya agar kegaitan besok dapat berjalan dengan tertib tanpa menimbulkan kemacetan.

"Kami akan mencoba untuk hadir dengan tertib untuk tidak menggangu lalu lintas, tapi sekiranya terjadi gangguan kami mohon maaf sebelumnya," kata Hasto.

Monumen Proklamasi dipilih sebagai titik keberangkatan karena pasangan Ganjar-Mahfud ingin menjadi penerus Sukarno-Hatta yang telah membawa Indonesia ke gerbang kemerdekaan.

Hasto menjelaskan, rangkaian acara di Monumen Proklamasi akan mengangkat tema 'Kokoh di dalam Kultur dan Jati Diri Bangsa'.

Baca juga: Pidato Lengkap Mahfud MD Usai Ditunjuk Megawati Jadi Cawapres Ganjar

Ia menyebutkan, acara di Monumen Proklamasi dirancang oleh para seniman dan budayawan, meski ia belum mau membocorkan rangkaian acara yang akan digelar.

"Kita yang penting khidmat, kokoh dalam jati diri kebudayaan bangsa, dan kemudian ada beberapa element of surprise yang akan ditampilkan dalam desain acara itu," ujar Hasto.

Ia menambahkan, setelah mendaftarkan diri, pasangan Ganjar-Mahfud tidak akan menggelar orasi di depan Kantor KPU karena taat pada ketentuan yang dibuat oleh penyelenggara pemilu.

"Kita ini kan tertib, sehingga tidak ada orasi-orasi di KPU, itu tidak ada karena kami ingin tertib, kami taat pada penyelenggara pemilu," kata Hasto.

Adapun pasangan Ganjar-Mahfud akan mendaftarkan diri ke KPU setelah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com