Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT ASEAN Dimulai, Presiden Jokowi Sambut Kedatangan Kepala Negara

Kompas.com - 10/05/2023, 08:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

MANGGARAI BARAT, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyambut para kepala negara yang hadir dalam acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).

Berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), kepala negara yang hadir berjumlah 8 kepala negara plus Timor Leste. Sedangkan dua lainnya, Perdana Menteri Thailand dan Myanmar tidak hadir.

Nantinya, PM Thailand diwakili oleh Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu), Don Pramudwinai. Sedangkan Myanmar memang tidak diundang dalam level politik.

Baca juga: Jokowi Akan Pimpin Semua Pertemuan KTT ASEAN Hari Ini

Pantauan Kompas.com dari media center KTT ASEAN, Kepala Negara pertama yang hadir di venue KTT ASEAN adalah PM Kamboja Hun Sen pada pukul 08.00 WITA.

Ia mengenakan jas berwarna hitam dan segera berjalan ke karpet merah di halaman depan Hotel Meruorah. Jokowi terlihat sudah standby menyambut kedatangan Hun Sen pada pukul 08.02 WITA.

Jokowi yang juga terlihat mengenakan jas berwarna hitam lantas menjabat tangan Hun Sen dan mempersilakan masuk ke dalam ruangan.

Kepala Negara kedua yang hadir adalah PM Laos Sonexay Siphandone. Lalu, PM Malaysia Anwar Ibrahim menjadi kepala negara ketiga yang hadir di venue KTT ASEAN, diikuti oleh Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos.

Baca juga: Saat Timor Leste Pertama Kali Hadiri KTT ASEAN...

Selanjutnya, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah hadir di tempat pada pukul 08.10 WITA. Sama seperti yang lain, ia menyusuri karpet merah dengan pengawalan ketat. Tampak di sebelah kanan dan kiri pasukan militer turut menyambut.

Lalu, PM Timor Leste Taur Matan Ruak hadir pada pukul 08.15 WITA, diikuti PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) Don Pramudwinai.

Jokowi terlihat berbincang sebentar dengan PM Thailand sebelum mempersilakannya masuk ke ruangan. Selanjutnya, Jokowi menyambut PM Vietnam Pham Minh Chính.

Tak sampai itu, sejumlah kepala negara tampak mengobrol dengan Jokowi sesampainya di ruangan.

Sebelumnya diberitakan, mayoritas kepala negara blok Asia Tenggara sudah tiba di Labuan Bajo pada Selasa (9/5/2023).

Baca juga: Banjir Order Jelang KTT ASEAN, Pengemudi Ojol Mengaku Bisa Dapat Rp 500.000 Sehari

Kehadiran para pemimpin negara ke wilayah timur Indonesia itu disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden dan media center KTT ASEAN.

KTT ASEAN untuk pertama kalinya dilakukan dua kali dalam setahun secara fisik. KTT ke-42 sendiri akan dilakukan di Labuan Bajo, 10 - 11 Mei 2023.

Sementara itu, KTT ke-43 akan diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Ada sejumlah isu yang diangkat dalam KTT ASEAN, yaitu chair statement, Post-2025 Vision, penguatan kapasitas ASEAN, keanggotaan penuh Timor Leste, dan penanggulangan perdagangan orang.

Lalu, pelindungan pekerja migran, pelindungan pekerja perikanan, bidang kesehatan, pembentukan jejaring desa, ekosistem kendaraan listrik, dan konektivitas pembayaran di kawasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com