Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airlangga Tiba di Cikeas untuk Temui SBY, Disambut AHY di Pintu

Kompas.com - 29/04/2023, 19:16 WIB
Ardito Ramadhan,
Icha Rastika

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tiba di kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (29/4/2023).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Airlangga tiba sekira pukul 18.47 WIB disambut oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di pintu depan.

"Maaf lahir batin, minal aidin wal faizin," kata Airlangga sambil berjabat tangan dengan AHY.

Baca juga: Pertemuan SBY dan Airlangga Hartarto Akan Membahas Isu Kebangsaan

Delegasi masing-masing partai pun bersalaman dan saling mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Airlangga didampingi oleh Sekretaris Jenderal Lodewijk F Paulus, Bendahara Umum Dito Ganindito, Wakil Ketua Umum Firman Soebagyo, Ketua DPP Airin Rachmi Diany, dan Ketua DPP Ilham Permana.

Sementara itu, AHY didampingi oleh Sekretaris Jenderal Teuku Riefky, Wakil Ketua Umum Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Sekretaris Majelis Tinggi Andi Mallarangeng.

Setelah bersalaman, mereka berfoto bersama lalu beranjak ke dalam kediaman SBY untuk mengadakan pertemuan tertutup dengan presiden keenam Republik Indonesia itu.

Rencananya, Airlangga dan AHY akan memberikan keterangan pers selepas pertemuan.

Sebelumnya, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan bahwa pertemuan ini digelar atas permintaan Airlangga.

Baca juga: Demokrat Sebut Airlangga Minta Bertemu SBY

"Silaturahmi ini diadakan atas permintaan Bapak Airlangga Hartarto, Ketum Partai Golkar. Mengingat sebelum ini Bapak SBY sering bepergian dan berada di Pacitan, mempersiapkan pembukaan Museum SBY-Ani, pertemuan ini baru bisa dilaksanakan malam ini," kata Herzaky dalam siaran pers.

Herzaky menyebutkan, momentum pertemuan antara Airlangga dan SBY di kediaman SBY, Cikeas, Bogor ini memang masih dalam suasana Lebaran.

Akan tetapi, ia tidak memungkiri bahwa pertemuan nanti juga akan membahas sejumlah isu kebangsaan terkini.

Pertemuan antara SBY dan Airlangga digelar di tengah kian intens pertemuan antartokoh politik setelah PDI Perjuangan mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Airlangga, misalnya, menjadi tuan rumah pertemuan ketua umum partai-partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Kamis (27/4/2023).

Baca juga: PKB Terbuka Golkar Gabung KIR, tapi Ingatkan soal Aturan Penentuan Capres-Cawapres

Kelanjutan KIB menjadi pertanyaan setelah PPP mengusung Ganjar sebagai calon presiden, sedangkan Golkar bersikukuh akan tetap mencalonkan Airlangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com