Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag Bakal Bangun Madrasah Terpadu di IKN, Target Terealisasi Tahun Ini

Kompas.com - 23/02/2023, 11:34 WIB
Fika Nurul Ulya,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan membangun madrasah terpadu di Ibu Kota Negara (IKN), yakni di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Targetnya, madrasah terpadu itu terealisasi tahun ini. Oleh karena itu, ia meminta jajaran Kantor Wilayah Kalimantan Timur untuk mendukung pembangunan madrasah terpadu di Ibu Kota Negara (IKN).

"Saya sudah minta Dirjen Pendis untuk segera tindak lanjuti. Karena harus terealisasi tahun ini, saya harapkan untuk bertindak cepat," kata Yaqut dalam siaran pers, Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Hari Kedua di Kaltim, Presiden Hadiri Rakernas APPSI hingga Tinjau Sejumlah Proyek Pembangunan IKN

Pria yang karib disapa Gus Men ini pembangunan sekolah madrasah terpadu, meliputi madrasah ibtidaiyah hingga madrasah aliyah yang merupakan permintaan dari Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu.

Ia pun meminta para pimpinan di wilayah Kalimantan Timur untuk mendukung yang diperintahkan Jokowi.

Untuk merealisasi pembangunan madrasah, ia menginstruksikan Kepala Kantor Wilayah Kaltim segera berkoordinasi, baik dari segi lokasi, penganggaran, dan beberapa hal teknis lainnya.

"Tahun ini tinggal 10 bulan lagi. Jadi semua harus bergandengan tangan agar mampu merealisasikan tugas dari Presiden," ujar dia.

Lebih lanjut, Yaqut menekankan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan, salah satunya adalah lahan yang luas.

Baca juga: Menag Tetapkan Durasi Lama Tinggal Jemaah Haji 40 Hari

Ia meminta jajarannya untuk segera berkoordinasi dengan PUPR terkait hal ini. 

"Tahun depan Presiden meminta upacara kemerdekaan sudah di IKN. Karenanya, kita harus support dengan fasilitas yang sudah tersedia, salah satunya sekolah terpadu ini," ujar dia.

Adapun sejauh ini, Yaqut telah meresmikan sembilan gedung di provinsi Kalimantan Timur, yang dibangun dengan pembiayaan dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).  

Sembilan gedung yang diresmikan yaitu balai nikah dan manasik haji KUA Batu Sopang, Kab. Paser; Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kab. Paser; Gedung MAN 2 Samarinda; Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Bontang Utara, Kota Bontang; serta Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Lalu, MIN 2 Kutai Timur, Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, MAN Paser, serta MTsN 3 Paser.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com