Kompas.com - 22/06/2022, 19:53 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyebut proses komunikasi dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berjalan lancar.

Ia menyampaikan banyak kesamaan antara PKS dan Partai Nasdem untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Insya Allah menjadikan kami di PKS dan Nasdem Insya Allah akan banyak titik temu menuju agenda-agenda besar yang tentu perlu dipersiapkan,” tutur Syaikhu dalam konferensi pers di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Ketua DPR Minta Presiden Setelah Jokowi Lanjutkan Pembangunan IKN

Ia menuturkan pertemuan ini bakal menjadi jalan untuk proses komunikasi politik selanjutnya.

“Tentu ini menjadi satu hal, bukan hari ini saja kami bersilaturahmi. Tapi Insya Allah akan kita tindaklanjuti dalam tataran di tingkat elite partai politik dalam kaitan lebih teknis,” ucap dia.

Syaikhu mengungkapkan belum ada pembicaraan terkait pencalonan presiden antara PKS dan Partai Nasdem.

Ia menjelaskan, proses penentuan kandidat capres di internal PKS pun tidak ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tapi oleh Majelis Syuro.

“Jadi kita juga tidak ingin mendahului (keputusan) Majelis Syuro sebagai lembaga yang memang berwenang untuk itu (pengusungan capres),” sebutnya.

Adapun dalam pertemuan itu Partai Nasdem dan PKS menandatangani tiga poin dalam nota kesepakatan.

Baca juga: Polri Akan Bentuk Polres Khusus di Ibu Kota Nusantara

Pada poin ketiga disebutkan kedua belah pihak sepakat mempersiapkan kerja sama terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama.

Di sisi lain, Surya Paloh mengaku belum ada perbincangan serius dengan PKS. Keduanya tengah menjalani proses penjajakan masing-masing untuk membentuk koalisi.

“Bagi kami berdua belum ada satu hal yang cukup serius menjadi pembahasan di antara kami. Tetapi telah mendapatkan sesuatu yang dimaknai,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.