Kompas.com - 26/05/2022, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap, aktivitas seni dan budaya yang telah dua tahun vakum dapat kembali bangkit seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi usai bertemu dan menyerahkan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022).

"Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Banjir Rob Semarang, Janji Ganjar, dan Peringatan Megawati

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan keinginannya agar Taman Balekambang yang telah direvitalisasi dapat menjadi pusat kebudayaan.

“Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Ia mengatakan, pemerintah akan selalu mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan di mana pun.

Adapun Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam kunjungannya ke Taman Balekambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.