Kompas.com - 03/05/2022, 21:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap momen mudik pada hari raya Idul Fitri tahun ini menjadi pertanda awal peningkatan ekonomi masyarakat.

Agus mengatakan, ekonomi masyarakat saat ini masih belum pulih akibat terdampak pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir. Sedangkan harga kebutuhan pokok saat ini mengalami peningkatan.

"Tahun ini kita sudah bisa kembali mudik ya, kembali ke kampung halaman masing-masing, mudah-mudahan ini sebagai awal dari bergeraknya kembali aktivitas masyarakat dan juga ekonomi," ujar Agus saat ditemui seusai ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Jokowi: Ganjil Genap dan One Way Tetap Berlaku Saat Arus Balik Lebaran

"Penghasilan juga belum pulih benar. Sedangkan kita tahu harga-harga kebutuhan pokok juga mengalami peningkatan," tutur dia. 

Agus berharap perekonomian masyarakat bisa semakin membaik. Ia juga meminta seluruh elemen masyarakat dapat bersatu untuk mencari solusi.

"Saya tentunya berharap dan mari kita terus berjuang bersatu padu berbagai elemen bangsa agar kita bisa menghadirkan solusi-solusi terbaik," ucapnya.

Agus menekankan, jika Indonesia ingin menjadi negara yang baik, maka masyarakatnya harus sejahtera.

"Pada akhirnya kalau kita berharap Indonesia makin baik terlebih dahulu masyarakatnya harus semakin sejahtera," tegasnya.

Baca juga: Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Jokowi Imbau Pemudik Lakukan Perjalanan Lebih Awal

Adapun terkait arus mudik, Jasa Marga mencatat sebanyak 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah yakni timur (Tol Trans-Jawa), barat (Merak) dan selatan (Puncak), hingga H-1 Lebaran.

Angka tersebut juga dinilai meningkat 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran 2019 atau sebelum pandemi.

Sementara dalam dua tahun terakhir, pemerintah meniadakan mudik Lebaran untuk membatasi mobilitas masyaarkat dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.