Kompas.com - 23/04/2022, 11:23 WIB

KOMPAS.com – PT Pos Indonesia (Persero) berhasil menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dalam sepuluh hari kepada 18,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, realisasi BLT minyak goreng sudah mencapai 95,7 persen.

“Alhamdulillah, penyaluran BLT hingga 95,7 persen dalam tempo sepuluh hari adalah rekor baru," ujar Faizal dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (23/4/2022).

Meski demikian, Faizal tak menampik bahwa pihaknya masih kesulitan menyalurkan BLT minyak goreng hingga 100 persen karena berbagai faktor.

"Kami masih punya waktu satu minggu hingga Jumat pekan depan. Kami berharap, bisa mendekati 100 persen, walaupun kemungkinan besar tidak sepenuhnya bisa mencapai (100 persen),” jelasnya.

Baca juga: Salurkan Bansos di Bogor, Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Ini kepada Warga

Beberapa kesulitan dalam penyaluran BLT minyak goreng adalah alamat KPM berubah atau tidak ditemukan, meninggal dunia, dan pulang kampung.

Faizal menjelaskan, data terkait KPM yang tak dapat ditemukan, meninggal, atau pulang kampung diserahkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos). Selanjutnya, data tersebut diolah oleh Kemensos untuk menjadi pertimbangan pada penyaluran berikutnya.

Diakui Faizal, penyaluran BLT minyak goreng kali ini penuh tantangan karena hanya diberi waktu penyaluran 14 hari. Sebelumnya, Pos Indonesia diberi tenggat waktu menyalurkan BLT lebih dari dua pekan.

“Penyaluran BLT minyak goreng ini lebih pendek waktunya. Kami menyiasati dengan memperbanyak titik penyaluran, menambah tenaga juru bayar, dan memperpanjang jam pelayanan," kata Faizal.

Baca juga: PT Pos Indonesia Sudah Distribusikan BLT Minyak Goreng ke 18 Juta KPM

Upaya Pos Indonesia tersebut membuahkan hasil. Para KPM pun mengaku senang bisa mendapatkan BLT minyak goreng senilai Rp 300.000 untuk tiga bulan dan bantuan sosial (bansos) sembako Rp 200.000. Total nilai yang diterima KPM sebesar Rp 500.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.