Kompas.com - 22/04/2022, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) turun langsung menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (21/4/2022).

"Ini Rp 1,2 juta untuk bantuan modal usaha. Ini yang Rp 300.000 BLT minyak goreng. Gunakan sebaik-baiknya ya untuk membantu usaha. Nanti kalau ada untungnya, boleh buat beli ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Pada kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat di Kabupaten Bogor.

Adapun bansos yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan penerima, yakni berupa program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BNPT), dan BLT minyak goreng.

Baca juga: Setujui Anggaran Sesuai SOTK Baru, Kemensos Pastikan SDM Kesos Akan Tetap Berjalan

Selanjutnya, Jokowi bergerak menuju Pasar Ciawi dan kemudian melanjutkan ke Pasar Bogor untuk menyapa masyarakat dan para pedagang, serta menyerahkan BLT minyak goreng.

Dalam kesempatan yang sama, Mensos Risma mengatakan, bansos yang diserahkan kepada masyarakat, khususnya BLT minyak goreng, merupakan kebijakan dari Jokowi sebagai terobosan mengurangi pengeluaran masyarakat di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng.

“BLT minyak goreng diberikan dengan nilai Rp 100.000 selama tiga bulan, mulai dari April hingga Juni, yang diserahkan secara lansung sebesar Rp 300.000. Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi sebagian beban pengeluaran masyarakat di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok,” ujar Rismaharini.

Sebagai informasi, BLT minyak goreng menyasar sebanyak 20,65 juta KPM yang terdiri dari 18,8 juta KPM BNPT dan 1,85 juta KPM KPH.

Baca juga: Kemensos Usul Tambahan Anggaran Rp 11 Triliun, Risma Sebut untuk 4 Program Ini

Adapun indeks bantuan tersebut sebesar Rp 100.000 per bulan selama tiga bulan, yaitu April, Mei, dan Juni yang diberikan sekaligus pada bulan April.

Untuk di Kota Bogor, BLT minyak goreng menyasar 59.294 KPM dengan nilai Rp 62.106.787.010 dan BNPT senilai Rp 17.788.200.000.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.