Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2022, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Delegasi parlemen Ukraina dan Rusia dikabarkan tidak hadir dalam Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) 144 yang digelar di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua pada Minggu (20/3/2022) besok.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana.

"Informasi saat ini, kita dengar mereka tidak hadir. Kita masih tunggu. Kita harap mereka hadir, tapi sampai saat ini Ukraina dan Rusia tidak hadir dalam Forum IPU 144 di Bali ini," kata Putu, Sabtu (19/3/2022), dikutip dari siaran pers.

Meski delegasi dari dua negara tersebut tidak hadir, Putu mengatakan, isu mengenai konflik Rusia dan Ukraina akan tetap dibahas dalam Sidang IPU 144 nanti demi menegakkan kembali perdamaian di kedua negara tersebut.

Baca juga: Haris Azhar Usai Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik Luhut: Saya Bisa Dipenjara, tapi Kebenaran Tidak

Ia menuturkan, Ketua DPR RI Puan Maharani yang akan memimpin jalannya sidang tersebut, dan juga Presiden IPU Duarte Pacheco menegaskan akan mendorong perdamaian dan kedamaian di Eropa Timur.

"Ini harus ada gerakan bersama-sama dari negara-negara untuk mendorong sektor kemanusiaan," ujar Putu.

Sementara itu, Pacheco menyatakan, IPU sebagai forum dialog menawarkan pertemuan kedua belah pihak agar konflik Ukraina dan Rusia dapat berakhir.

"Kami akan terus mengupayakan perdamaian di Ukraina, karena itu yang paling penting untuk warga di Ukraina. Kami akan membahas hal-hal darurat di Ukraina, tidak mungkin kita membahas masalah-masalah dunia lainnya tapi luput memperhatikan yang terjadi di depan mata kita," kata dia.

Baca juga: Bakal Penuhi Panggilan Polisi Senin Depan, Haris Azhar Berkelakar soal Kostum yang Akan Dikenakan

Indonesia menjadi tuan rumah IPU ke-144. Acara yang mengusung tema "Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change" ini berlangsung pada 20-24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.