Kompas.com - 17/01/2022, 12:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet menunggu kepastian hasil whole-genome sequencing (WGS) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengenai sejumlah anggota "Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah" yang positif Covid-19 varian Omicron atau bukan.

Kepala Humas RSDC Wisma Atlet Kolonel Kes Mintoro Sumego mengatakan, hasil WGS tersebut nantinya akan disampaikan pihak Kemenkes.

"Hasil WGS nanti Litbang Kemenkes yang akan klarifikasi (mengumumkan)," ujar Mintoro kepada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Tim Advance Umrah Positif Covid-19 Pulang dari Saudi, Dirawat di Tower 5 Wisma Atlet

Sebagai informasi, tim advance berangkat ke Arab Saudi pada 23 Desember 2021 dan kembali ke Tanah Air pada 6 Januari 2022.

Tim tersebut terdiri dari lintas asosiasi penyelenggara umrah yang berjumlah 25 orang.

Sepulang dari Arab Saudi, sejumlah anggota tim advance dilaporkan terpapar Covid-19.

Mintoro mengatakan, sejumlah anggota tim advance ini telah menjalani perawatan di Wisma Atlet sejak 11 Januari 2022 atau pekan lalu.

Hingga kini, mereka masih mendapatkan perawatan dari tim medis di Tower 5 Wisma Atlet.

"Mereka masih (positif) Covid-19," kata Mintoro.

Baca juga: Pemerintah Hentikan Sementara Pemberangkatan Umrah

Sebelumnya pun, Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus Kementerian Agama M Noer Alya Fitra mengonfirmasi ada sejumlah anggota "Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah" yang positif Covid-19 sepulang dari Arab Saudi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.