Kompas.com - 09/11/2021, 13:54 WIB

KOMPAS.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jumlah orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama hingga akhir 2021 diperkirakan akan mencapai 80 persen dari target vaksinasi.

"Hingga akhir 2021, ada 168 juta orang yang mendapatkan vaksin dosis pertama. Lalu, sebanyak 124 juta orang atau sekitar 60 persen dari target vaksinasi telah mendapat dua dosis vaksin Covid-19," terang Budi dalam keterangan pers secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/11/2021).

Oleh karena itu, penyuntikan vaksin Covid-19 diperkirakan mencapai 290 juta hingga 300 juta dosis pada akhir 2021.

Perhitungan itu merujuk capaian vaksinasi Covid-19 yang kini telah mencapai 200 juta suntikan.

"Dengan laju seperti ini, kita estimasi di akhir tahun akan bisa kita berikan 290 juta sampai 300 juta dosis," ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi di Sejumlah Daerah Masih di Bawah Target, Biofarma: Sekarang Tantangannya Demand

Merujuk pada data Kementerian Kesehatan melalui laman kemkes.co.id, Selasa (9/11/2021) pukul 12.00 WIB, target vaksinasi Covid-19 Indonesia adalah 208.265.720 suntikan.

Sebanyak 126.459.285 orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama atau 60,72 persen dari target dan 80.070.525 orang sudah menerima dosis lengkap atau 38.45 persen dari target.

Meski cakupan vaksinasi secara umum kini telah mencapai lebih dari 60 persen, pemerintah tetap mengajak semua pihak tidak lengah dan tetap mewaspadai penyebaran virus corona, terutama dengan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Dalam hal ini, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah memperketat anjuran prokes untuk melindungi diri lebih maksimal, dari 3M menjadi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Tak hanya itu, Satgas Penanganan Covid-19 juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2021 yang menyebutkan, setiap individu yang melaksanakan perjalanan wajib menerapakan dan mematuhi prokes 6M.

Baca juga: Di Luar Jawa-Bali, Baru 6 Provinsi yang Capai Vaksinasi di Atas Rata-rata Nasional

Prokes 6M, di antaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Perkirakan Vaksinasi Covid-19 Capai 300 Juta Dosis pada Akhir 2021".

Penulis : Dian Erika Nugraheny | Editor : Kristian Erdianto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.