Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Bulan Lebih Indonesia Bebas Zona Merah Covid-19

Kompas.com - 27/10/2021, 12:26 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah satu bulan lebih Indonesia terbebas dari zona merah Covid-19. Berdasarkan catatan Kompas.com, data sebaran zona risiko yang menunjukkan Indonesia bebas dari zona merah diunggah pada 23 September.

Kini Indonesia tak hanya terbebas dari zona merah, tetapi juga terbebas dari zona oranye Covid-19.

Berdasarkan data yang dimuat di situs covid19.go.id, saat ini hanya ada dua zona risiko di Indonesia yakni zona kuning yang berarti risiko rendah penularan Covid-19 dan zona hijau yang berarti tidak ada kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Baca juga: UPDATE 26 Oktober: Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Ada 12.989

Saat ini tercatat sebanyak 504 kabupaten dan kota masuk dalam zona kuning. Jumlah tersebut sama dengan 98,05 persen dari jumlah seluruh kabupaten dan kota di Indonesia yang totalnya mencapai 514.

Sementara itu kabupaten dan kota yang masuk dalam zona hijau berjumlah 10 yakni Kaur (Bengkulu), Lebong (Bengkulu), Seram Bagian Timur (Maluku), Tual (Maluku), Buru Selatan (Maluku), Dogiyai (Papua), Raja Ampat (Papua Barat), Pegunungan Arfak (Papua Barat), Buton Tengah (Sulawesi Tenggara), dan Musi Banyuasin (Sumatera Selatan).

Kendati demikian, jumlah daerah dengan zona merah dan oranye di Indonesia masih bisa bertambah ke depannya. Hal ini bergantung dengan kondisi pandemi dan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan.

Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Baca juga: UPDATE 26 Oktober: Tambah 35, Total Pasien Covid-19 Meninggal Capai 143.270 Orang

Adapun berdasarkan data terkini yang drilis pada Selasa (26/10/2021), terdapat penambahan 611 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 4.241.090, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Data yang sama menunjukkan bahwa ada penambahan kasus sembuh. Dalam sehari, jumlahnya bertambah 1.141. 

Dengan demikian, jumlah kasus sembuh di Indonesia hingga saat ini mencapai 4.084.831. Akan tetapi, jumlah kasus kematian setelah terpapar Covid-19 juga terus bertambah. Pada periode 25-26 Oktober 2021, ada 35 kasus kematian. Sehingga, kasus kematian dari Covid-19 kini mencapai 143.270 sejak awal pandemi melanda Tanah Air.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com