Tinjau Pameran Alutsista, Jokowi: Bentuk Transparansi APBN, Digunakan untuk Beli Peralatan

Kompas.com - 05/10/2021, 12:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah pejabat meninjau pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Pameran ini dalam rangka peringatan HUT Ke-76 TNI.

"(Pameran ini) juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini," ujar Jokowi dipantau dari tayangan Kompas TV.

"Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki (roket) Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 kilometer dan yang lain-lainnya. Inilah yang kita miliki," kata Kepala Negara.

Baca juga: Deretan Alutsista Andalan TNI, Pesawat Tempur hingga Rudal Anti-kapal

Jokowi pun menegaskan, alutsista yang dipamerkan tersebut merupakan pembelian baru.

Dia mencontohkan, roket MLRS Astros dibeli pada 2014.

"Jadi keliatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," tutur Jokowi.

Dalam pameran tersebut, ada 112 alutsista yang ditampilkan di sekitar Istana Merdeka.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan meliputi dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, delapan unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dua unit Rantis Bushmaster, dan 19 unit P6 Atav.

Baca juga: HUT Ke-76 TNI, Menko Polhukam Mahfud: Tetaplah Profesional dan Militan

Kemudian, 24 unit kendaraan Rudal Mistral, dua unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 5 unit MLRS (RM 70 Vampire dan Tatrapan), dua unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.