Kompas.com - 13/09/2021, 20:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, seiring dengan membaiknya kondisi Covid-19, pemerintah mulai melakukan penyesuaian aktivitas masyarakat.

Misanya, bioskop kini diperbolehkan beroperasi untuk daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dan Level 3.

"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Luhut Umumkan Perpanjangan PPKM Jawa-Bali hingga 20 September, Tinggal 3 Daerah Level 4

Luhut mengatakan, pengunjung bioskop wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, hanya mereka yang berstatus hijau yang boleh memasuki bioskop. Kategori ini akan terlihat di aplikasi PeduliLindungi.

"Saya ulang, hanya kategori hijau," ujarnya.

Selain itu, Luhut mengatakan, penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan diperluas di lokasi industri secara maksimal.

Kemudian, penambahan lokasi tempat wisata di daerah dengan status PPKM Level 3 dan menerapkan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLindungi.

"Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan daerah-daerah tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 siang sampai dengan minggu 18.00," ucapnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, tujuan penerapan ganjil-genap adalah agar kendaraan yang ke lokasi wisata menjadi berkurang dan tidak terjadi kerumunan.

"Jangan seperti yang terjadi di kasus Pangandaran di minggu yang lalu, di mana jumlah pengunjung luar biasa banyaknya," ucap Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: LIVE STREAMING: Pemerintah Umumkan Kelanjutan PPKM di Jawa-Bali

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.