Kompas.com - 16/06/2021, 10:38 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehetan secara ketat dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Hal ini disampaikan Muhaimin berkaca dari melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia.

"Tetap injak rem, jangan sampai kendor. Ini tidak main-main. Kasus Covid-19 di berbagai daerah melonjak. Tetap selalu waspada," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

Baca juga: Mahfud Ajak Ulama Sosialisasi Tes Swab Cegah Penyebaran Covid-19

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun mengaku terpaksa membatalkan sejumlah agenda di Bandung Raya akibat melonjaknya penularan Covid-19 di wilayah itu.

Sedianya, Muhaimin akan berkegiatan di Bandung Raya dengan menemui sejumlah kalangan selama tiga hari mulai Jumat (18/6/2021) hingga Minggu (20/6/2021).

"Kita harus menaati kebijakan yang diambil Pemprov Jawa Barat yang telah menetapkan wilayah Bandung Raya siaga I akibat lonjakan kasus Covid-19. Ini semua demi kebaikan bersama," kata Muhaimin.

Diberitakan, dalam beberapa hari terkahir ini kasus positif Covid-19 berkisar di angka 8.000-an.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Selasa (15/6/2021), jumlah kasus positif bertambah 8.161 orang dalam sehari.

Sehingga, total kasus Covid-19 hingga saat ini mencapai 1.927.708 orang. Sejumlah daerah pun telah memberikan seruan kepada warganya untuk meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, DKI Jakarta tengah menghadapi gelombang baru Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diminta Perketat Penerapan Prokes

"Kita menghadapi gelombang baru peningkatan kasus Covid-19 setelah musim libur Lebaran bulan lalu. Lonjakannya mulai dirasakan hari-hari ini, bukan hanya di Jakarta, tapi di berbagai wilayah di Indonesia. Tapi di Jakarta sekarang perlu melakukan pendisiplinan kolektif," kata Anies, Minggu (13/6/2021).

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan wilayah Bandung Raya berstatus siaga I Covid-19 seiring melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

"Banyak pengumuman penting di hari ini, yang pertama wilayah Bandung Raya kami nyatakan sedang siaga I Covid. Karena minggu ini, dua wilayah besarnya zona merah, yaitu KBB (Kabupaten Bandung Barat) dan Kabupaten Bandung," kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Markas Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (15/6/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.