Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2021, 22:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua ASEAN Sultan Hassanal Bolkiah mengatakan, para pemimpin dan perwakilan negara-negara ASEAN telah sepakat menggunakan dana bersama atau Covid-19 Response Fund untuk pengadaan vaksin Covid-19.

Vaksin tersebut akan diperuntukkan bagi masyarakat ASEAN.

"Kami menyambut baik keputusan penggunaan COVID-19 ASEAN Response Fund untuk pengadaan vaksin bagi masyarakat ASEAN secepatnya," ujar Sultan Hassan dalam keterangan tertulisnya kepada media usai memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: ASEAN Desak Penghentian Kekerasan di Myanmar, Ini 5 Kesepakatan di KTT

Sultan Hassan menuturkan, masing-masing negara diharapkan dapat memberikan kontribusi sebesar 100.000 dollar Amerika Serikat untuk Covid-19 ASEAN Response Fund.

Selain itu, ASEAN juga mendorong kesimpulan cepat dari Kerangka Kerja Pengaturan Koridor Perjalanan ASEAN (ATCAF), serta operasionalisasi awal Cadangan Perlengkapan Medis Regional ASEAN untuk Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat.

"Kami juga menekankan pentingnya pembentukan Pusat Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat ASEAN," tambahnya.

ASEAN Leaders Meeting atau KTT Pemimpin ASEAN digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu.

Pertemuan tersebut diselenggarakan dengan tujuan memajukan pembangunan Komunitas ASEAN, mempercepat pemulihan dari pandemi Covid-190, memperkuat hubungan eksternal ASEAN dan mengatasi masalah-masalah mendesak yang menjadi kepentingan bersama bagi semua Negara Anggota ASEAN.

Baca juga: Jokowi: Kekerasan di Myanmar Harus Dihentikan, Perdamaian Dikembalikan


ALM kali ini terselenggara atas undangan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, selaku Ketua ASEAN.

Selain dihadiri oleh Sultan Hassanal Bolkiah dan Presiden Joko Widodo, sejumlah pemimpin atau perwakilan dari negara-negara ASEAN hadir dalam pertemuan tersebut.

Tampak dalam pertemuan ialah Perdana Menteri Vietnam Phm Minh Chính, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Filipina sebagai Utusan Khusus Filipina Teodoro L. Locsin Jr., Menteri Luar Negeri Thailand sebagai Utusan Khusus Thailand Don Pramudwinai, Menteri Luar Negeri Laos sebagai Utusan Khusus Laos Saleumxay Kommasith serta Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.