Kemensos Salurkan Bansos Tunai PKH Tahap II Sebesar Rp 6,53 Triliun

Kompas.com - 19/04/2021, 17:20 WIB
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Bank DKI mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan kepada 1.055.216 keluarga penerima manfaat (KPM). Dokumentasi Corsec Bank DKIDinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Bank DKI mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan kepada 1.055.216 keluarga penerima manfaat (KPM).

JAKARTA KOMPAS.com - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai untuk Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II sebesar Rp 6,53 triliun.

"Pencairan bantuan ini untuk tahap II, kebetulan Bulan April, jadi bertepatan dengan puasa," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini, dikutip dari laman resmi Kemensos RI, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Cegah Korupsi Bansos, Risma Ajak Warga Koreksi Data Mulai Bulan Depan

Risma mengatakan, bansos tunai tersebut menyasar sebanyak 9.074.584 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Ia berharap pencairan bansos dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga di Bulan Ramadhan, mengingat pengeluaran pada bulan ini cenderung berbeda dengan hari-hari biasa.

"Bulan puasa pengeluaran akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan sahur, maupun berbuka puasa, untuk beli takjil atau beli makanan tambahan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Cara Cek Penerima Bansos BST, BPNT, dan PKH di dtks.kemensos.go.id

Mantan Walikota Surabaya ini mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk menyalurkan bansos tunai tersebut.

Bansos tersebut disalurkan langsung melalui rekening masing-masing KPM PKH.

"Mereka bisa mencairkan (bansos) di ATM bersama, e-warong, dan agen-agen bank yang ditunjuk oleh bank penyalur," pungkas Risma.

Baca juga: 17,4 Juta Orang Dapat Bansos, Cek Data Penerima di dtks.kemensos.go.id

Berdasarkan data Direktorat Jaminan Sosial Keluarga (JSK) Kementerian Sosial, alokasi anggaran bansos PKH tahun 2021 sebesar Rp28,71 triliun yang disalurkan dalam dua tahap.

Tahap pertama sebesar Rp15,35 triliun dan Rp6,82 triliun pada Januari 2021. Kemudian tahap kedua sebesar Rp6,53 triliun pada bulan ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X