Survei Sebut Anies Paling Dipilih Anak Muda untuk Jadi Presiden, PKS: Bravo, Mas Anies!

Kompas.com - 22/03/2021, 10:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyambut positif hasil survei Indikator Politik yang menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai sosok yang paling banyak dipilih oleh anak muda untuk menjadi presiden.

"Pertama, tentu bravo Mas Anies karena di 2024 hampir 40 persen pemilih masuk kategori anak muda," kata Mardani saat dihubungi, Senin (22/3/2021).

Ia mengatakan, PKS pun membuka peluang untuk mengusung Anies menjadi calon presiden walaupun PKS juga berniat mengajukan kadernya pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Baca juga: Survei: Anies Paling Banyak Dipilih Jadi Presiden, Didukung Pemilih Prabowo-Sandi

Menurut Mardani, tantangan Anies pun tidak mudah karena masa jabatannya akan berakhir pada 2022 mendatang sedangkan pilkada baru akan digelar pada 2024.

"Tantangan kian besar apalagi dengan peluang tidak adanya pilkada di 2022 ini. Mesti terus mampu berkomunikasi gagasan dengan anak muda," kata dia..

Di samping itu, Mardani menyebut partainya perlu bekerja lebih keras agar dapat dilirik oleh anak muda.

Hal itu ia sampaikan menanggapi hasil survei Indikator yang menempatkan PKS dan Golkar berada di urutan ketiga partai yang paling banyak dipilih oleh anak muda dengan angka 5,7 persen.

Baca juga: 17 Tokoh Dipilih Anak Muda Jadi Presiden: Anies Pertama, Ganjar Kedua, Prabowo Kelima

Peringkat pertama diisi oleh Gerindra dengan 16 persen, disusul PDI Perjuangan di peringkat kedua dengan 14,2 persen.

"PKS perlu bekerja keras lagi agar dapat menjadi partai paling dilirik anak muda. Karena PKS punya peluang untuk mendapat dukungan anak muda," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, survei Indikator menunjukkan Anies mendapat perolehan angka tertinggi soal tokoh yang dipilih anak muda untuk menjadi presiden.

"Secara umum tidak ada nama yang dominan, tetapi di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut itu Anies Baswedan di angka 15,2 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis survei secara daring, Minggu (21/3/2021).

Baca juga: Survei Indikator: Anies Baswedan Paling Banyak Dipilih Anak Muda untuk Jadi Presiden

Setelah Anies, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mendapat perolehan angka tinggi mencapai 13,7 persen.

Menyusul di posisi ketiga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 10,2 persen.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati peringkat keempat dengan 9,8 persen.

Di posisi kelima yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 9,5 persen, dan di ranking 6 yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 4,1 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.