Kompas.com - 07/12/2020, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat KT-1B Wong Bee milik TNI Angkatan Udara (AU) dilaporkan mengalami rusak berat akibat jatuh di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, Senin (7/12/2020).

"Meskipun pesawat mengalami total lost (rusat berat), kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu dinyatakan selamat," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulis, Senin (7/12/2020) sore.

Gilang menjelaskan, pesawat tersebut mengalami kecelakaan ketika tengah digunakan untuk menjalani latihan rutin.

Saat itu, pesawat dengan nomor registrasi LL-0111 tengah ditunggangi Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (siswa penerbang).

Ia mengatakan, ketika pesawat berusaha mendarat melalui landasan pacu atau runway 09 Lanud Adi Sutjipto, pesawat tersebut mengalami kecelakaan.

Baca juga: Pesawat TNI AU KT-1B Wong Bee Jatuh di Yogyakarta, Dua Pilot Selamat

Selain kedua pilot ini selamat, kecelakaan tersebut juga diklaim tak menimbulkan kerugiaan materiil di sekitar lokasi kecelakaan.

Sebab, kecelakaan itu terjadi area kosong di dalam Lanud Adisutjipto.

"Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat dengan selamat, demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto," kata dia.

Adapun kedua pilot saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat (RSP) TNI AU Hardjolukito, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Sedangkan, penyebab kecelakaan pesawat tersebut masih dalam proses penyelidikan.

"Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU," imbuh Gilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.