Pemerintah: Pegang Tali Saat Mencopot Masker, Jangan Bagian Luarnya

Kompas.com - 14/07/2020, 17:27 WIB
Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers terkait Covid-19 Dokumentasi BNPBTim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers terkait Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan masker.

Salah satu caranya yakni dengan tidak memegang bagian luar masker. Ketika kita hendak melepas masker, sebaiknya memegang bagian talinya.

"Pastikan tidak memegang bagian luar, pastikan hanya memegang tali saat mencopot masker," kata Reisa di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Pemerintah: Jangan Turunkan Masker ke Dagu, termasuk Saat Makan

Reisa juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker secara benar, yakni menutupi hidung dan mulut serta tidak menurunkannya ke dagu.

Masyarakat juga diminta untuk rajin mengganti masker setiap 4 jam sekali atau ketika basah dan lembab.

"Ini penting sekali diperhatikan agar terhindar dari infeksi kuman yang menempel pada masker," ujar Reisa.

Ia pun mengingatkan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mengungkap bahwa virus corona dapat menular melalui penyebaran aerosol yang melayang di udara.

Teori menunjukkan bahwa sejumlah droplet pernapasan dapat menghasilkan aeorosol.

Droplet merupakan buliran dengan ukuran partikel lebih dari 5 mikrometer, sedangkan aerosol ukurannya lebih kecil lagi yakni kurang dari 5 mikrometer.

Aerosol merupakan tetesan pernapasan yang sangat kecil sehingga dapat melayang di udara.

"Dan airborne adalah penularan via aerosol dalam jarak jauh," kata Reisa.

Baca juga: Ini Saran Ahli agar Wajah Tak Berjerawat dan Iritasi Saat Pakai Masker

Oleh karena itu, menurut Reisa, penting untuk seluruh masyarakat, baik yang sehat maupun sakit, untuk selalu menggunakan masker di luar rumah.

"Maka semua orang wajib mnggunakan masker meskipun tidak memiliki gejala penyakit atau merasa sehat," ucap dia. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X