Kompas.com - 25/06/2020, 11:30 WIB
Pasien Covid-19 dari Klaster Sukabumi di NTT, dinyatakan sembuh dan disambut dilepas dengan penghormatan oleh petugas medis dan polisi, Rabu (13/5/2020) KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREPasien Covid-19 dari Klaster Sukabumi di NTT, dinyatakan sembuh dan disambut dilepas dengan penghormatan oleh petugas medis dan polisi, Rabu (13/5/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nusa Tenggara Timur (NTT) Jelamu Ardu Marius mengklaim 80 persen pasien di wilayahnya sembuh dari infeksi Covid-19.

"Jadi semua luar biasa, setiap penanganan begitu bagus, sehingga hampir 80 persen sembuh," ujar Marius dalam diskusi virtual yang digelar BNPB, Kamis (25/6/2020).

Marius mengatakan, persentase kesembuhan pasien di wilayahnya terjadi sejak kali pertama kasus Covid-19 ditemukan pada akhir April.

Ia juga mencatat, kasus Covid-19 di NTT hingga Rabu (24/6/2020) malam, mencapai 112 kasus.

Baca juga: Bayi Usia Tiga Tahun di NTT Sembuh dari Covid-19

Dari jumlah kasus tersebut, 77 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan sisanya tengah menjalani perawatan.

Perkembangan kasus Covid-19 di NTT dinilainya fluktuatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Awalnya 1, kemudian 7, kemudian 12, kemudian menurun lagi 4, kemudian naik lagi 5, turun lagi 2," kata Marius.

"Lalu kemudian ada beberapa hari yang negatif, Puji Tuhan sampai saat ini pemeriksaan swab negatif, bahkan ada lebih dari 5 hari negatif," katanya.

Baca juga: Kadinkes Ungkap Ada Satu Klaster Baru Covid-19 di NTT

Marius mengatakan, masyarakat berperan besar dalam meredam kasus Covid-19 di NTT. Hal itu terbukti dengan adanya rentetan kasus negatif yang dicatat Pemerintah Provinsi NTT.

Menurutnya, masyarakat menjadi kunci utama dalam penanggulangan Covid-19. Karena itu, mereka menyadari bahwa pencegahan penyebaran virus corona diawali dari kesadaran masyarakat.

"Masyarakat memahami bagaimana penyebaran virus corona, dengan sendirinya mereka sadar, menghindari kerumunan, menjaga jarak, selalu memakai masker, itu semua hal yang positif," terang dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.