SBY Dipilih jadi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat

Kompas.com - 17/03/2020, 17:36 WIB
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, yang langsung disambut hangat oleh masyarakat, Senin (20/10/2014). KOMPAS/RIZA FATHONIPresiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, yang langsung disambut hangat oleh masyarakat, Senin (20/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Demisioner Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) terpilih menjadi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Pak SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi, kemarin dalam kongres juga sudah ditetapkan," kata Hinca ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Secara terpisah, politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menjelaskan, dalam Kongres V Partai Demokrat, para pengurus di daerah meminta SBY untuk mengisi jabatan Ketua Majelis Tinggi.

Baca juga: Jabat Ketum Demokrat, AHY Sebut Masih Butuh Nasihat SBY

Menurut dia, SBY yang merupakan Presiden Republik Indonesia Ke-6 itu menerima permintaan dari para pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) untuk mengisi posisi tersebut.

"Maka sepengetahuan kami tentu pak SBY akan menempati posisi itu karena adalah aspirasi pemilik suara," kata Ferdinand ketika dihubungi wartawan, Selasa.

Ferdinand menambahkan, sampai saat ini kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat tengah disusun oleh formatur, yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY).

Baca juga: Gantikan SBY, AHY Terpilih Jadi Ketum Partai Demokrat secara Aklamasi

"Saya tidak bisa memberi keterangan terkait kepengurusan, tapi yang pasti disusun oleh formatur," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, AHY terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat secara aklamasi.

Keputusan itu diambil setelah sidang paripurna melakukan verifikasi dan menyatakan AHY memenuhi persyaratan menjadi ketua umum dalam Kongres V Partai Demokrat 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (14/3/2020).

"Betul, terpilih secara aklamasi," ujar Kadiv Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean saat dihubungi.

AHY diketahui telah mendapat dukungan 93 persen suara dari DPD maupun DPC.

Baca juga: Ambisi AHY Bawa Kejayaan Demokrat dan Momen Terakhir SBY Berpidato Politik

Dukungan mayoritas itu secara otomatis memuluskan AHY menjadi calon ketua umum yang sebelumnya diemban SBY.

Dengan hasil ini, AHY menjadi orang kelima yang menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Sebelumnya, mereka yang pernah memimpin Partai Demokrat adalah Subur Budhisantoso (2001-2005), Hadi Utomo (2005 - 2010), Anas Urbaningrum (2010 - 2013), dan Susilo Bambang Yudhoyono (2013 - 2020).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X