PDI-P: Hari Raya Imlek sebagai Hari Libur Nasional merupakan Ekspresi Semangat Kebangsaan

Kompas.com - 25/01/2020, 14:53 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (24/1/2020). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (24/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2571 kepada masyarakat Tionghoa.

Tahun Baru Imlek 2571 jatuh pada Sabtu (25/1/2020) ini.

Ucapan selamat itu disampaikan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto dalam sebuah keterangan tertulis, Sabtu.

Hasto kemudian mengemukakan, Tahun Baru Imlek dijadikan hari libur nasional pada saat Megawati Soekarnoputri menjadi presiden RI.

"Tahun 2003, Ibu Megawati Soekarnoputri menyatakan hari Imlek sebagai hari libur nasional," ujar Hasto.

Baca juga: Melihat Sembahyang Imlek di Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan

Menurut Hasto, Megawati sangat menjunjung tinggi semangat persatuan dan kebangsaan sebagaimana tercantum dalam sila ketiga Pancasila.

"Penetapan Imlek sebagai hari libur nasional ini menjadi ruang ekspresi semangat kebangsaan tersebut dengan seluruh kebudayaan yang menyertainya," ujar Hasto.

Ia menyatakan, semangat persatuan Indonesia artinya memandang tiap warga negara punya kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

Atas dasar semangat tersebut, Megawati menetapkan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional.

" Semangat Persatuan Indonesia berdiri di atas prinsip kebangsaan di mana setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, dan wajib menjalankannya tanpa kecuali," ujarnya.

Ia turut mendoakan agar Tahun Baru Imlek kali ini menjadi pembawa keberkahan dan kebahagiaan bagi mereka yang merayakan.

Baca juga: 100 Personel Gabungan Jaga Wihara Dharma Bakti Saat Imlek

"Semoga peringatan yang meriah, penuh warna merah dan keemasan, tidak hanya melambangkan semangat dan spirit menuju kejayaan dan kemakmuran, tetapi juga semangat untuk hidup penuh syukur sebagai kunci kebahagiaan," kata Hasto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X