Bertemu Mendagri, Kepala BNN Bahas Asesmen Pengguna Narkoba

Kompas.com - 20/01/2020, 11:44 WIB
Kepala BNN Heru Winarno di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Kepala BNN Heru Winarno di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional ( BNN) Heru Winarko bertemu Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian, Senin (20/1/2020).

Dalam pertemuan itu, dibahas soal asesmen bagi pengguna narkoba.

"Tadi kita bahas BNN meminta dukungan dari Kemendagri untuk pelaksanaan asesmen, terutama bagi (pengguna narkoba) yang ditangkap," ujar Heru di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Baca juga: Wakapolri: Jumlah Mahasiswa yang Terjerat Narkoba Bertambah Tiap Tahun

Dia mengatakan, dukungan Kemendagri dan kepala daerah penting karena kasus narkoba terjadi di berbagai daerah.

"Sehingga yang kita tangkap itu (pengguna) bisa diasesmen secara hukum dan medis. Kalau hukum itu masuk jaringan mana, kalau yang medis sampai sejauh mana ketergantungan kepada narkoba," ucap Heru.

Dengan begitu, ia berharap ada kesamaan antara penydidik, jaksa, dan hakim dalam memutuskan apakah harus menyerahkan tersangka ke penjara/lapas atau akan melakukan rehabilitasi. 

Baca juga: BNN Beberkan Enam Wilayah Rawan Narkoba di Jakarta Selatan

Sebab, kata Heru, saat ini pelaksanaan rehabilitasi bagi pengguna narkoba masih tumpang tindih.

"Yang jadi masalah adalah bagaimana kesiapan tempat rehab yang ada dari Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan maupun BNN ini kita diskusi dengan Kemendagri dan kita berharap ke depan akan segera ada arahan dari Pak Mendagri agar jadi fokus," ucap Heru.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X