Kepala BNPB dan Menteri Pariwisata Bahas Mitigasi Bencana di Destinasi Wisata

Kompas.com - 03/01/2020, 16:42 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo dan Menteri Pariwisata Wishnutama usai merapatkan mitigasi bencana di kawasan wisata, Jumat (3/1/2020). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DKepala BNPB Doni Monardo dan Menteri Pariwisata Wishnutama usai merapatkan mitigasi bencana di kawasan wisata, Jumat (3/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menggelar rapat dengan Menteri Pariwisata Wishnutama untuk membahas mitigasi bencana di kawasan wisata, Jumat (3/1/2020).

Doni mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan dalam memitigasi bencana di kawasan wisata adalah mengetahui potensi bencana di destinasi-destinasi wisata.

"Daerah destinasi wisata ini masing masing ancamannya berbeda, jadi kita ketahui dulu jenis ancaman yang ada, kemudian kita siapkan fasilitas, baik itu lembaga, SDM-nya, termasuk peralatan karena ada anggarannya," kata Doni di Graha BNPB, Jumat siang.

Baca juga: Mitigasi Bencana di Indonesia, Terbentur Keterbatasan Dana

Doni menambahkan, pertemuannya dengan Wishnutama bertujuan untun meningkatkan koordinasi antar-instansi pemerintah terkait memitigasi bencana di daerah wisata.

Menurut Doni, BPBD yang ada di tiap daerah tidak bisa luwes berkoordinasi karena posisinya yang berada di bawah pemerintahan daerah.

"Kita tahu di daerah juga ada banyak keterbatasan sehingga BNPB berinisiatif untuk mencari terobosan, bagaimana sekat-sekat ini bisa terbuka dan ke depan bagaiamana ini bisa bersatu semua," ujar Doni.

Sementara itu, Wishnutama menekankan bahwa aspek keamanan dan keselamatan dari bencana merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan turis saat menentukan destinasi wisata.

"Pentingnya rasa aman dan nyaman, security dan safety, itu adalah menjadi salah satu top of mind dari tujuan wisata. Oleh karna itu kami sudah berkoodinasi sebetulnya dengan Pak Doni bagaimana kami mempersiapkan menejemen, termasuk manajemen krisis dan sebagainya dan bagaimana kalau terjadi bencana," kata Wishnutama.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X