Pintu Air Karet Siaga I, Manggarai Siaga II, Waspada Sejumlah Wilayah Terdampak Banjir

Kompas.com - 01/01/2020, 07:00 WIB
Suasana di Pintu Air Karet, Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2016). Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (20/2/2017) malam hingga Selasa menyebabkan debit air di beberapa pintu air meningkat. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana di Pintu Air Karet, Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2016). Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (20/2/2017) malam hingga Selasa menyebabkan debit air di beberapa pintu air meningkat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menginformasikan terjadi kenaikan tinggi muka air di sejumlah titik sungai di Jakarta, Rabu (1/1/2020) pagi ini.

Hal itu disampaikan melalui akun resmi Twitter BPBD DKI Jakarta, @BPBDJakarta.

Pada pukul 06.00 WIB, terjadi kenaikan tinggi muka air di Pintu Air Karet yang menyebabkan statusnya naik menjadi siaga I.

Kenaikan tinggi muka air mencapai 630 cm.

Sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak diminta untuk waspada, seperti Grogol, Jatipulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Petamburan, dan Tomang.

Baca juga: Tiga Pintu Air di Jakarta Siaga Dua

Kenaikan tinggi muka air juga terjadi di Pintu Air Manggarai, yang menyebabkan statusnya menjadi siaga II.

Kenaikan tinggi muka air di wilayah ini mencapai 920 cm dengan kondisi hujan.

Sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak di antaranya, Gondangdia, Grogol, Jatipulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan, dan Tomang.

Sama dengan Manggarai, Pintu Air Pulo Gadung juga mengalami kenaikan tinggi muka air yang menyebabkan statusnya naik menjadi siaga II.

Hingga pukul 06.00 WIB, tinggi muka air di wilayah ini mencapai 735 cm.

Selain itu, terjadi kenaikan tinggi muka air di sejumlah titik yang menyebabkan statusnya naik menjadi siaga III.

Antara lain Pintu Air Pesanggrahan dengan tinggi air 175 cm, Pintu Air Angke Hulu dengan tinggi air 185 cm, Pintu Air Pasar Ikan dengan tinggi air 185 cm, dan Pintu Air Sunter Hulu dengan tinggi air 200 cm.

Baca juga: Banjir di Kembangan, Warga: Lama Tak Kebanjiran, Sekarang Air Masuk Rumah

Sementara itu, di sejumlah pintu air juga terjadi kenaikan status menjadi siaga IV, di antaranya Pintu Air Katulampa dengan tinggi air mencapai 40 cm, Pintu Air Depok dengan tinggi air 150 cm, dan Pintu Air Krukut Hulu dengan tinggi air 150 cm.

Ada juga Pintu Air Waduk Pluit dengan tinggi 110 cm, dan Pintu Air Cipinang Hulu dengan tinggi 115 cm.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X